Entri Populer

Sabtu, 03 April 2010

Pelantikan dan Launching Kepengurusan BEM UNIKARTA 2010 Kabinet “Responsif Kritis”

Rangkaian Acara Pelantikan BEM Unikarta 2010-2011 terdiri atas launching, konferensi pers dan diskusi dengan tema “Revitalisasi Peran Mahasiswa Unikarata dalam Mewujudkan Kukar Maju, Menuju Indonesia Maju”. Rangkaian launching diawali dengan konferensi pers bertempat di Halaman kampus Unikarta. Hal ini bertujuan agar masyarakat Kampus, serta kalangan media massa lokal maupun pers mahasiswa mendapatkan sosialisasi terkait visi, misi, dan isu yang akan dikawal. BEM UNIKARTA diantaranya mengundang Perwakilan BEM Fakultas Se-Unikarta, Unit–Unit Kegiatan Mahasiswa, mahasiswa Secara Umum, dan media massa baik Cetak, Maupun Elektronik. Pemilihan lokasi yakni di Halaman Kampus merupakan upaya dari BEM UNIKARTA untuk mendekatkan diri kepada semua kalangan termasuk para Mahasiswa yang masih Asing dengan dunia Organisasi.

Konferensi pers dimulai pada pukul 11.00 WIB, yang diawali dengan pemaparan visi, misi, dan arahan isu yang akan dikawal serta susunan kabinet Responsif Kritis BEM UNIKARTA oleh Presiden Mahasiswa dan Pengurus. Secara garis besar akan dipaparkan bahwa tahun ini BEM Unikarta akan mengawal dan mengontrol jalannya pemerintahan (Kebijakan Publik), Pilkada Kukar, dan Isu Pemberantasan Korupsi. Kemudian acara akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Harapan positif dari civitas akademika Unikarta sangat diharapkan atas launching kepengurusan BEM Unikarta dan agar dapat disambut baik oleh Presiden Mahasiswa. Lebih lanjut dalam closing statement tentang BEM Unikarta membutuhkan bantuan dalam kepengurusan satu tahun ke depan. Kabinet “RESPONSIF KRITIS” diharapkan mampu bersikap kritis dan Responsif dalam menjawab berbagai tantangan, terhadap pemangku kebijakan dan menjadi wadah aspirasi bagi seluruh civitas akademika dan masyarakyat Kutai Kartanegara.

Rangkaian launching kemudian akan dilanjutkan dengan diskusi yang bertema” Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Kukar Maju, Menuju Indonesia Maju”. Diskusi ini akan dimulai pada pukul 14.00 WITA yang akan diawali dengan penampilan UKM Paduan Suara MahasiswaUnikarta. Acara Akan dilanjutkan kepada bagian pokok yakni diskusi. Pembicara yang akan diundang hadir dalam diskusi ini antara lain; Moh. Fadli,SP.,MP, (PD III Faperta UKT), Ramadhan (Presiden Mahasiswa Unikarta) dan Haji Mubarak,S.Pd.I.,M.Pd.I(Ka.Bag. Kemahasiswaan Unikarta). Diskusi akan dimoderatori oleh Menteri Kajian Strategis dan Aksi (Kastratak) BEM Unikarta, yaitu……………………….

Unikarta sebagai sebuah universitas Swasta yang satu-satunya di Kutai Kartanegara seharusnya memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan Kukar Yang Maju, Namun kini publik bertanya sebenarnya dimanakah peran Unikarta, Khususnya Mahasiswa/akademisi kini?.

Diskusi akan diawali dengan pemaparan dari Ramadhan. Yang akan menjelaskan bahwa mahasiswa sebagai entitas dari kampus ternyata dihambat perannya oleh kebijakan internal maupun eksternal kampus. Mahasiswa kini semakin dibatasi ruang geraknya. Mahasiswa pun diganjal dengan biaya pendidikan yang mahal. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa menjadi berorientasi cepat lulus dan akhirnya tidak peduli pada kondisi sekitar. Diskusi akan dilanjutkan dengan pemaparan dari PD III Faperta yang akan memaparkan analisis peran Mahasiswa/Unikarta dari tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian. Unikarta yang kini justru terkenal sebagai universitas yang akan memberikan sumbangsi pengangguran yang cukup signifikan di KUKAR semakin menunjukkan bahwa Unikarta memiliki nilai tawar yang rendah untuk ikut mengambil peran dalam Pembangunan di Kutai Kartanegara khususnya. Dari sudut pengabdian selama ini hanya diejawantahkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang seringkali hanya merupakan upaya untuk memenuhi kewajiban akademis. Padahal seharusnya KKN diharapkan mampu menjadi sarana untuk menyelami kehidupan masyarakat.

Dan untuk menjawab Apa dan Bagaimana peran Mahasiswa Unikarta dalam mewujudkan Kukar Maju, Menuju Indonesia maju adalah dengan memperkuat fungsi pembelaan/advokasi pada kalangan minoritas yang tertindas misal mahasiswa tidak mampu, pedagang kaki lima, membangun basis yang kuat di kalangan mahasiswa serta menjaga kehormatan sebagai aktivis mahasiswa yakni bahwa pemerintahan mahasiswa dipilih langsung oleh mahasiswa. Oleh karena itu, aktivis mahasiswa harus berbasis intelektual, memiliki etika dan memiliki integritas yang baik. kabinet “RESPONSIF KRITIS” berharap ke depan BEM UNIKARTA dapat menjadi wadah aspirasi seluruh civitas akademika. Peserta diskusi semoga antusias dalam mengikuti diskusi termasuk pada sesi tanya jawab. Antusiasme peserta diskusi akan terlihat pada saat banyaknya jumlah peserta yang hadir yakni target lebih dari delapan puluh mahasiswa Unikarta dan perwakilan elemen-elemen mahasiswa.

Rangkaian Acara launching kepengurusan BEM UNIKARTA 2010 Kabinet “RESPONSIF KRITIS” semoga mendapat tanggapan dan Partisipasi yang positif dari masyarakat Kampus, dan pers. Presiden Mahasiswa, Ramadhan sangat menyambut baik harapan positif tersebut dan berharap adanya kerja sama semua pihak dalam mewujudkan Kutai Kartanegara yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar